WOM Marketing, Teknik yang Sukses Meningkatkan Penjualan Tas Dowa


Pernahkah anda mendengar para pelanggan membicarakan produk tas dowa anda? Jika pernah secara tidak langsung anda sudah menerapkan teknik WOM Marketing ini. Namun selain penerapannya yang terkadang bisa secara otomotis, teknik WOM ini juga bisa diatur oleh anda tentang strategi supaya produk anda dibicarakan dimana-dimana. Sebelum itu, anda perlu mengenal terlebih dahulu apa itu WOM, WOM merupakan singkatan dari World Of Mouth yang merupakan salah satu strategi Low Budget dan High Impact. Kenapa demikian? Karena anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk promo besar-besaran. Cukup dengan mengkonsepnya dan menggunakan strateginya dengan lancar. Maka berikut ini 6 langkah dalam merumuskan strategi WOM Marketing.

1. Talker

Disini anda harus mengetahui siapa saja yang membicarakan brand toko online anda yang menjual tas dowa. Talker ini biasanya sering dijumpai pada pelanggan yang pernah membeli pada anda, media, masyarakat dan siapapun yang menjadi target marketing anda. Serta target yang terarah memungkinkan produk tas dowa anda dibicarakan oleh banyak pelanggan di berbagai kalangan.

2. Topic

Anda juga harus mengetahui tentang topik apa yang sedang dibicarakan oleh produk tas dowa anda. Entah itu promo, diskon, bonus atau produk terbaru yang pastinya membuat topik ini menjadi viral saat dibicarakan. Kuncinya terletak pada penawaran yang unik dan menarik sehinggan layak untuk dibicarakan.

3. Tools

Adalah semacam media penyebaran yang sedang dibicarakan oleh talker. Medianya harus mudah diakses oleh target market. Misalnya kalau target marketnya ibu-ibu usia 40 keatas maka tidak mungkin medianya adalah Instagram kareana jarang Ibu-ibu pakai Instagram. Untuk itu media yang cocok dengan target ibu-ibu adalah pamflet atau brosur yang menjelaskan tentang tas dowa. Dengan begitu secara langsung si ibu akan mendiskusikannya dengan ibu-ibu lainnya.

4. Take a Part

Pada bagian ini, intinya anda harus memperhatikan pada media yang mendeskripsikan tentang penawaran produk tas dowa anda. Karena media ini tidak selamanya berpihak kepada anda. Seperti media blog artikel atau media berita, anda harus memperhatikan jika mereka menulis tentang produk tas dowa yang anda jual. Karena jangan sampai WOM Marketingnya negatif dan menjadi blunder. Untuk itu, perhatikan hal kecil terutama dalam penawaran yang harussesuai dengan harapan pelanggan agar pemberitaan media tidak membicarakan hal yang negatif. Karena biasanya media ini doyan membiacarakan hal-hal yang berbau hoax. Untuk itu, penting agar mendapat kepercayaan pelanggan dan tidak membuat mereka kecewa dengan penawaran anda.

5. Timing
Disini anda harus mencari momentum yang pas untuk mengiklankan produk tas dowa anda agar menjadi bahan pembicaraan, bisa pas launching produk tas dowa terbaru, mengadakan event-event khusus atau tanggal-tanggal khusus yang sesuai dengan keadaan market. Seperti pada tanggal hari raya, maka anda buat penawaran khusus untuk hari raya.

6. Track


Untuk tetap berjalan dengan baik, anda harus mengadakan evaluasi terhadap strategi WOM Marketing yang anda terapkan. Jika bagus pertahankan, jika kurang bagus tutupi dengan berbagai kebutuhan yang tepat.  Dengan begitu, strategi WOM akan berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang anda terapkan.


Pergi Ke Pusat Belanja Grosir

Beberapa kota besar di Indonesia biasanya memiliki pusat belanja grosir yang menjual berbagai produk termasuk tas. Bagi anda yang tinggal di Jakarta, anda bisa mengunjungi ITC Mangga Dua, pasar Tanah Abang, pasar Senen, dan lain-lain. Sedangkan di Bandung, tas grosir untuk bisnis dropship bisa anda temukan di pasar Baru, pasar Andir, dan pasar Kota Kembang. Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia juga tidak ketinggalan. Kebanyakan orang yang berbelanja di pusat belanja murah Surabaya datang dari pulau Bali. Mereka sengaja datang ke kota ini untuk mencari produk untuk di jual kembali.

Bergabung Dengan Anemone

Kabar gembiranya adalah, anda bisa bergabung dengan Anemone tanpa harus menyimpna deposit atau membeli dengan jumlah tertentu. Begitu anda mendaftar menjadi dropshipper mereka, anda langsung bisa mendapatkan harga tas yang lebih murah dari harga normal. Siapakah Anemone ini? Mereka adalah perusahaan supplier tas tangan pertama yang menawarkan harga termurah. Pengalaman mereka dalam hal dropship tidak perlu diragukan lagi. Untuk pendaftaran, bisa menghubungi nomor dibawah ini.

Tentang Penulis

Nurdin Akbar
Nurdin Akbar, lahir di Bandung pada tanggal 10 April 1995. Merupakan anak ke-2 dari 2 bersaudara. Pernah menempuh pendidikan S1 selama 4 tahun di salah salah Universitas Negeri di Bandung. Memiliki hobi sebagai Blogger, desain dan penulis.

0 komentar:

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Anemone Bags and Blogger Themes.