Terungkap, Kenapa Pelanggan Malah Mengabaikan Promosi Tas Fossil Anda


Walaupun tas fossil merupakan jenis tas dengan kategori banyak peminatnnya, tapi strategi yang salah dalam penjualan merupakan faktor penentu dalam kesuksesan penjualan. Bagi pelaku bisnis UKM, 60% kesepakatan dalam suatu produk bisa terjadi karena penjualnya, bukan karena kualitas produk tasnya dengan desain yang bervariasi. Ini juga berlaku bagi reseller yang terjun kedalam dunia jual beli. Jika produk tas fossilnya terlihat menarik, maka belum tentu laku karena strategi penjual yang terbilang pasif dan monoton, sebaliknya jika produk tas fossilnya biasa saja, kemungkinan besar akan laku jika penjual itu tahu dalam strateginya. Jadi lihatlah patokan pada UKM yang 60% nya terjadi karena si penjual itu sendiri.

Pada saat promosi khususnya di media chatting seperti BBM, Whatsapp, Line, Telegram dan lain sebagainya. Apa yang diharapkan penjual adalah ada yang menanggapi promosi tersebut. Tapi yang terjadi malah sebaliknya. Contohnya, misalkan dalam BBM anda menggunakan fasilitas Broadcast ke seluruh kontak BBM anda untuk mempromosikan produk tas fossil anda, maka seluruh pengguna yang di Broadcast oleh anda hampir semuanya malah mengabaikan BC promosi tas fossil anda. Inilah yang sering dilakukan oleh reseller pemula tanpa tahu sebabnya. Kenapa bisa demikian? Mereka yang di BC oleh anda berfikiran tentang “Siapa anda” sehingga promosi yang di BC menjadi hal yang tidak penting dan dileawatkan begitu saja.

Maka solusinya adalah bangun Personal Branding. Dengan Personal Branding orang akan lebih percaya kepada anda dan akan melihat apa yang anda Broadcast kan. Terus bagaimana caranya membangun personal branding? Caranya anda harus membuat toko online anda sendiri dan beberapa unsur pendukung lainnya seperti nama bisnis anda, membuat logo, membuat iklan promosi, edit foto produk dan lain sebagainya. Dengan begini bisnis jual beli yang sedang anda jalani akan terlihat lebih profesional karena bukan langsung atas nama anda tapi atas nama brand anda. Inilah yang disebut dengan personal branding.


Sebagai pelaku reseller anda pasti sudah tahu tentang beberapa kompetitor anda. Dan anda pasti melihat teknik promosi BC mereka atau anda pun pernah dapat BC nya. Nah disini apa yang anda rasakan! Tentu cukup risih bukan? Nah disinilah kunci personal branding. Karena mereka yang BC promosi khususnya di BBM kesalahannya terletak pada Broadcast yang memakai akun pribadi. Walaupun terlihat sederhana tapi ini merupakan bukti apakah reseller itu terlihat profesional atau tidak. Dan ini juga akan merujung kepada kepercayaan pelanggan itu sendiri pada penjual. Maka disini penting membangun personal branding agar akun yang anda gunakan berubah menjadi akun brand anda atau lebih bagus lagi jika anda membuat lagi yang baru khusus untuk akun brand anda.

Tentang Penulis

Nurdin Akbar
Nurdin Akbar, lahir di Bandung pada tanggal 10 April 1995. Merupakan anak ke-2 dari 2 bersaudara. Pernah menempuh pendidikan S1 selama 4 tahun di salah salah Universitas Negeri di Bandung. Memiliki hobi sebagai Blogger, desain dan penulis.

0 komentar:

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Anemone Bags and Blogger Themes.